Viaggio in Islanda, wired.com

Newsflash

In understanding crime in Capitalist society, we provide a theory and a practice with the objective of changing the world. The importance of Marxist Criminology is that it moves us dialectically to reject the capitalist order and to struggle for a new society (Richard Quinney, 1979)
Home kurikulum pasca
PDF Print E-mail

Kurikulum | Staf Pengajar | Mahasiswa & Alumni

PROGRAM PASCASARJANA

Kurikulum

Merujuk pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 dan Nomor 045/U/2002 kurikulum Program Studi Pascasarjana (S2) Kriminologi FISIP UI disusun terdiri dari 3 (tiga) jenis mata kuliah, yaitu :

  1. Mata kuliah yang sifatnya merupakan kompetensi utama yaitu mata kuliah teori dan metode sebagai landasan keilmuan, yang merupakan kurikulum inti dan berlaku secara nasional maupun internasional. Pada kelompok ini terdapat 7 mata kuliah dengan bobot kredit masing-masing 3, sehingga total berjumlah 21 sks atau 52,50%. Dua mata kuliah yaitu Teori Sosial untuk Kriminologi dan Metode Penelitian Ilmiah merupakan mata-mata kuliah yang diharapkan dapat memberikan landasan kepribadian dan penguasaan ilmu dan ketrampilan dasar. Lima mata kuliah kompetensi utama lainnya yaitu Teori Kriminologi, Sosiologi Perilaku Menyimpang, Sosiologi Hukum, Penologi dan Viktimologi merupakan pilar kriminologi yang bersifat internasional, aspek teoretis. Untuk memberikan nuansa nasional, aspek teoretis dari mata-mata kuliah tersebut dibahas dalam seting Indonesia yang mutakhir sehingga bersifat lentur dalam aplikasinya.
  2. Mata kuliah yang sifatnya merupakan kompetensi pendukung sebanyak 3 mata kuliah dengan bobot kredit masing-masing 3 sks dan satu mata kuliah berbobot 2 sks, sehingga total berjumlah 11sks. Mata kuliah Sistem Peradilan Pidana dan Kebijakan Kriminal merupakan mata kuliah pendukung untuk bagi mata kuliah utama yang merupakan pilar kriminologi. Adapun mata kuliah Kapita Selekta Kriminologi merupakan mata kuliah pendukung untuk memberikan pendalaman aplikasi teori untuk seting Indonesia. Secara keseluruhan jumlah mata kuliah pendukung ini sebanyak 27,50%.
  3. Mata kuliah kompetensi lainnya terdiri dari dua mata kuliah matrikulasi. Matrikulasi Kriminologi diwajibkan bagi mahasiswa yang bukan lulusan Sarjana Kriminologi, sedangkan matrikulasi Bahasa Inggris diwajibkan bagi semua mahasiswa karena sebagian bahan bacaan kriminologi yang tersedia pada umumnya dalam Bahasa Inggris. Agar supaya lulusan Program Studi Pascasarjana (S2) Kriminologi mampu memenuhi kriteria kualifikasi lulusan, maka diberikan mata kuliah Kajian Pustaka dengan bobot 2 SKS, dan Penulisan Tesis dengan bobot 6 SKS. Kedua mata kuliah ini merupakan bimbingan intensif bagi para mahasiswa sejak mahasiswa mempersiapkan proposal tesis melalui mata kuliah Kajian Pustaka, dan diikuti dengan penulisan tesis yang harus didasarkan pada penelitian.



Pra Perkuliahan
Matrikulasi Kriminologi Wajib non SKS
Matrikulasi Bahasa Inggris Wajib non SKS
SEMESTER I
KODE MATA KULIAH KOORDINATOR SKS
SKR 81001 Teori Sosial Untuk Kriminologi Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc. 3 sks
SKR 81101 Teori Kriminologi Drs. Moh. Kemal Dermawan, MSi. 3 sks
SKR 81003 Metode Penelitian Sosial
3 sks
SKR 81102 Sosiologi Perilaku Menyimpang Drs. Jokie M.S. Siahaan, MSi 3 sks
SEMESTER II
SKR 82103 Penologi Drs. Thomas Sunaryo, M.Si. 3 sks
SKR 82110 Sistem Peradilan Pidana Adrianus E. Meliala, S.Sos., M.Si. M.Sc. Ph.D 3 sks
SKR 82106 Metode Pengukuran dalam Kriminologi Prof. Dr. Muhammad Mustofa, MA 3 sks
SKR 82208 Kapita Selekta Kriminologi Prof. Dr. Tb. Ronny Rahman Nitibaskara 2 sks
SEMESTER III
SKR 81209 Kajian Pustaka
2 sks
SKR 81104 Viktimologi Dra. Romany Sihite, M.Si. 3 sks
SKR 81105 Sosiologi Hukum Prof. Dr. Muhammad Mustofa, MA 3 sks
SKR 81107 Kebijakan Kriminal Prof. Dr. Muhammad Mustofa, MA 3 sks
SEMESTER IV
SKR 82111 Penulisan tesis (termasuk seminar rencana tesis)
6 sks
Total

44 sks



Deskripsi Mata Kuliah

SKR 81001 Teori Sosial Klasik dan Modern
Mata kuliah ini membahas teori-terori sosial klasik terutama dari pemikir sosial tiga besar, Emile Durkheim, Max Weber, dan Karl Marx. Dibahas pula teori pertukaran sosial, simbolik interaksionisme, fenomenologi, dan etnometodologi. Mata kuliah ini diberikan agar mahasiswa menguasai wawasan sosiologis yang merupakan landasan pemahaman tentang masyarakat tempat terjadinya kriminalitas.

 

SKR 82002 Teori Sosial dan Pembangunan
Mata kuliah ini membahas teori-teori sosial yang secara khusus dikenal sebagai teori pembangunan, seperti teori modernisasi, teori dependensia, teori sistem dunia, teori pembangunan alternatif, sampai kepada kaitannya dengan kebijakan-kebijakan pembangunan.

 

SKR 81101 Teori Kriminologi
Mata kuliah ini membahas teori-teori sosial sebab musabab kejahatan dalam perspektif positivis, interaksionis, dan konflik. Mata kuliah ini diberikan agar mahasiswa mampu menjelaskan gejala kejahatan yang dipelajari sebagai gejala sosial dalam konteks Indonesia maupun global.

 

SKR 81102 Sosiologi Perilaku Menyimpang
Mata kuliah ini membahas konsep gejala perilaku menyimpang dan perbedaannya dari kejahatan dan pelanggaran hukum, seperti pelacuran, perjudian, alkoholisme, penyalah-gunaan narkoba, bunuh diri. Gejala tersebut dianalisa secara sosiologis dengan memperhatikan konteks sosial terjadinya perilaku menyimpang tersebut.

 

SKR 82103 Penologi
Mata kuliah ini membahas berbagai tujuan dan metode penghukuman terhadap pelaku kejahatan serta efektifitasnya. Pembahasan lebih diarahkan pada pelaksanaan Sistem Pemasyarakatan Indonesia yang merupakan filosofi penghukuman dan pembinaan narapidana di Indonesia, yang merupakan bagian dari Sistem Peradilan Pidana Indonesia.

 

SKR 82110 Sistem Peradilan Pidana
Mata kuliah ini membahas unsur-unsur di dalam Sistem Peradilan Pidana mulai dari Polisi, Jaksa, Hakim, Pengadilan, dan Lembaga Pemasyarakatan. Juga dibahas mengenai model-model sistem peradilan pidana dan filosofi dasar dari keseluruhan sistem peradilan pidana.

 

SKR 81104 Viktimologi
Mata kuliah ini membahas kedudukan korban kejahatan dalam suatu peristiwa kejahatan dan didalam hukum, reaksi masyarakat terhadap korban kejahatan, serta perlindungan dan kompensasi terhadap korban kejahatan.

 

SKR 81105 Sosiologi Hukum
Mata kuliah ini membahas analisa sosiologis terhadap hukum yaitu hubungan timbal balik antara masyarakat dengan hukum, yang meliputi proses pembuatan dan penerapan hukum; perbedaan antara keadilan prosedural dan keadilan substantif; peranan hukum sebagai alat rekayasa sosial maupun sebagai wahana emansipasi sosial; tipe hukum represif, otonom, dan responsif; hukum sebagai simbolisme; serta hak asasi manusia.

 

SKR 81003 Metode Penelitian Sosial Kuantitatif
Mata kuliah ini membahas tata cara baku dalam melakukan penelitian sosial dengan pendekatan kuantitatif, mulai dari identifikasi masalah, perumusan masalah, perumusan konsep dan teori, tipe dan pendekatan penelitian, serta pembahasan disain survai, eksperimen, studi kasus, metode pengumpulan data dan rencana analisa. Juga dibahas pengertian dasar statistik deskriptif dan diferensial, pengumpulan dan penyajian data, teori sampel, teori probabilitas, analisa univariat dan bivariat, serta aplikasi program komputer statistik SPSS.

 

SKR 82106 Metode dan Pengukuran dalam Kriminologi
Mata kuliah ini membahas bagaimana metode penelitian sosial dapat diterapkan dalam penelitian kriminologi sehingga dapat memperoleh data yang valid mengingat realitas obyek penelitian kriminologi yang berbeda dari gejala sosial yang lain yaitu tidak mudah didekati

 

SKR 81107 Kebijakan Kriminal
Mata kuliah ini membahas bagaimana kebijakan formal penyelenggara negara dalam menghadapi masalah kriminalitas, baik yang bersifat konvensional maupun kontemporer. Seberapa jauh penyusunan kebijakan kriminal tersebut didasarkan pada kajian empiris dan komprehensif serta memperhitungkan efektifitasnya.

 

SKR 82208 Kapita Selekta Kriminologi
Perkuliahan bersifat tematik, membahas tema-tema terkini dalam bidang kriminologi misalnya cyber crime, Terorisme, Transnational organized crime, white collar crime, kekerasan kolektif, dan sebagainya. Tema-tema tersebut ditetapkan oleh rapat program studi.

 

SKR 81209 Kajian Pustaka
Mata kuliah ini merupakan bimbingan intensif kepada mahasiswa dalam memahami konsep dan teori yang relevan dengan rencana tesis yang akan dibuat oleh masing-masing mahasiswa. Pembahasan diarahkan sesuai dengan sistematika penulisan rencana penelitian.

 

SKR 82111 Tesis
Mahasiswa dibawah bimbingan seorang dosen secara mandiri melakukan penelitian bagi penulisan tesis berdasarkan rencana tesis yang sudah disetujui oleh program studi melalui sidang rencana tesis.

 

SKR 80001 Matrikulasi Kriminologi
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pembekalan bagi mahasiswa yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan kriminologi agar supaya mempunyai dasar pengetahuan kriminologi sosiologis yang diperlukan untuk mengikuti seluruh perkuliahan. Kuliah ini diberikan sebelum mahasiswa tersebut mengikuti seluruh perkuliahan.

 

SKR 80002 Matrikulasi Bahasa Inggris
Mata kuliah ini merupakan dasar untuk pembekalan yang secara khusus membekali mahasiswa agar mampu memahami bacaan-bacaan dan buku-buku teks ilmu sosial pada umumnya dan kriminologi khususnya. Bahasa Inggris yang diajarkan adalah Bahasa Inggris ilmiah dalam bidang ilmu sosial. Kuliah ini diberikan sebelum mahasiswa menjalankan perkuliahan pokok.
 

Kegiatan

Banner
Banner
Banner

Login First